...
PENGARUSUTAMAAN ISLAM DI INDONESIA

Harga
Rp. 50.000

0

Deskripsi

Buku ini menyoroti kaitan yang tidak segera tampak antara Islam dan komersialisasi di Indonesia, negara yang mengalami kebangkitan Islamisasi di tengah kehidupan demokrasi yang baru. Pengarang membahas bagaimana media dalam hal ini: televisi berelasi dengan identitas penonton. Dengan menganalisis studi-studi kasus di banyak wilayah di Indonesia, buku ini menunjukkan bahwa televisi telah mendemokratisasikan hubungan ulama/ustad dengan jamaah (umat Islam kebanyakan). Secara khusus, ditilik pula bagaimana kelas menengah memberi dampak terhadap dakwah komersial dan media, serta bagaimana terjadi simbiosis mutualisme antara kecemasan kelas menengah Muslim dan kekuatan pasar. Dengan menelisik kesalinghubungan antara ekspresi keislaman, televisi komersial, dan imajinasi nasional, ditunjukkan di sini bahwa komersialisasi Islam melalui jejaring televisi nasional menyingkap pelbagai ekspektasi dan kesenjangan di antara kelompok-kelompok etnis/keagamaan, dan antar-daerah.

Teaser Beli

Penulis

Inaya Rakhmani

Penerbit

Mizan Publishing